Rapat Perdana Bidang Pelayanan DPP Periode 2022-2025

Kita semua dipilih oleh Allah untuk melayani.
Komsos Paroki6 bulan ago454 min

Bidang Diakonia Paroki atau yang biasa disebut Bidang Pelayanan menggelar rapat perdana bagi pengurus baru periode 2022-202. Rapat yang dilaksanakan pada hari Jumat (27/5) di Pastoran tersebut dihadiri oleh ketua dan anggota seksi yang masuk dalam Bidang Diakonia Paroki.

Acara dibuka dengan doa oleh Bpk. Alfonsus Alun Geonawan selaku Ketua Bidang Diakonia. Pertemuan ini bertujuan agar semua anggota seksi mengenal dan dapat bekerja sama satu sama lain. Hal tersebut dilakukan bukan hanya karena adanya personil baru yang bergabung tapi juga karena ada seksi baru seperti Caritas, Hak & Kerawan. Secara keseluruhan terdapat 10 Seksi yang berada pada Bidang Diakonia:

  1. Seksi Sosial Ekonomi/Karikatif/PSE/Caritas
  2. Seksi Pendidikan
  3. Seksi Kesehatan
  4. Seksi Pembangunan
  5. Seksi Sarana Prasarana/Aula/listrik/Sound sistem
  6. Seksi Lazarus
  7. Seksi Rumah Tangga Pastoran
  8. Seksi Keamanan
  9. Seksi Komsos
  10. Seksi Hak & Kerawan

Pastor Albertus Jamlean, MSC yang juga hadir pada rapat tersebut menyampaikan agar “…program-program konkret di bidang pelayanan yang telah direncanakan supaya diperhatikan, juga tetap terbuka jika ada program-program baru”. Pastor juga memberikan penekanan tentang pemberdayaan ekonomi bagi mereka yang terkendala dana, lowongan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan serta mereka yang menawarkan pekerjan.

Bonaventura Bowo Kusmanto mewakili seksi yang baru dibentuk yaitu Caritas, menyampaikan bahwa sangatlah penting bagi “Paroki tidak hanya mampu tanggap darurat bencana tapi juga melakukan rehabilitasi pasca bencana dengan mengembangkan sosial ekonominya”. Seksi baru ini masih mengalami kesulitan untuk menentukan program-programnya karena terkait program dari Caritas Keuskupan Banjarmasin dan pendanaan.

Dilanjutkan dengan pemaparan program Seksi Pendidikan dimana program berjalan yaitu pendataan bagi anak yang membutuhkan bantuan pendanaan pendidikan dari TK – Perguruan tinggi juga memerlukan pandataan umat yang bersedia menjadi Orang Tua Asuh. Program penyaluran dana bantuan pendidikan juga diusulkan untuk dapat ditransfer ke rekening khusus atas nama Paroki.

Pada akhir acara Pastor Albertus Jamlean, MSC menegaskan supaya seksi-seksi dalam menjalankan program-programnya terlibat dalam kegiatan antar agama yang ada pada lingkungan sekitar. Hal tersebut dilaksanakan dalam upaya menyelaraskan dengan Arah Dasar Keuskupan Banjarmasin di Tahun Gereja Inklusif.

Selamat berkarya anggota Bidang Diakonia Paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda periode 2022-2025, kita semua dipilih oleh Allah untuk melayani.

 

 

 

Komsos Paroki