Babinsa Posramil Jita Kerja Bakti Bersihkan Gereja

Ternyata Ini Arti Kurve Menurut KBBI

Setiap mendekati momen besar seperti Natal dan Paskah, paroki kita selalu mengadakan kurve. Namun tidak semua orang mengetahui arti kata kurve dan asal-usulnya. Ternyata makna kata ini menurut KBBI jauh berbeda dari yang kita kira.

Jika mencari di Google, akan ada banyak arti kata kurve yang muncul. Bisa itu berarti lengkungan atau tikungan yang berasal dari Bahasa Jerman. Atau juga beragam maknanya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menariknya, jika kita cek di KBBI, maka ada 3 makna yang muncul. Kata korve atau kurve dibagi menjadi arti secara umum dan militer.

Makna kata korve yang pertama adalah kerja rodi. Artinya kegiatan ini harus diikuti karena merupakan perintah dari penguasa di daerah tersebut. Pekerjanya bisa mendapatkan upah dalam jumlah sedikit, atau malah tidak menerima upah sama sekali.

Sedangkan makna dalam dunia militer adalah kerja bakti di sekitar lingkungan militer. Bisa pula korve diartikan sebagai tugas tambahan seperti membersihkan senjata.

Sepertinya, makna kurve yang biasa kita lakukan di Paroki Kelayan lebih ke arah kerja bakti ini. Umat melakukannya bersama-sama menyambut momen penting dalam kalender gereja. Bukan keterpaksaan karena perintah dari penguasa.

Untuk menyambut Natal 2023, kurve akan dilakukan pada 17 Desember 2023. Pembagian area setiap wilayah sudah dibagikan ke grup Kawil-Kakom oleh panitia. Diharapkan seluruh umat yang mampu bisa turut serta dalam kurve kali ini.