Dokumentasi Penyambutan Uskup Terpilih Keuskupan Banjarmasin

Rangkaian Acara Pelantikan Uskup Keuskupan Banjarmasin

Momen pelantikan Pastor Victorius Dwiardy menjadi uskup baru Keuskupan Banjarmasin semakin dekat. Berbagai rangkaian telah dirancang untuk merayakan hal tersebut. Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Banjarmasin menguraikan rangkaian acara tersebut.

Informasi mengenai rangkaian acara ini disampaikan melalui pengumuman resmi nomor No. 091/VIKJEN/B.2/VII/2023 dan juga saluran Youtube @komisiKOMSOSKWI.

Rangkaian dimulai dengan Vesper Agung pada hari Jumat, 3 November 2023, pukul 18.00 WITA di gereja Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin. Vesper Agung adalah ibadah sore yang disertai dengan ikrar setia pada Bapa Suci dan pengakuan iman Uskup.

Di hari berikutnya, Sabtu 4 November 2023, diadakan Tahbisan Uskup di Grand Palace Banjarmasin. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WITA ini khusus untuk undangan karena tempat yang terbatas. Namun umat yang tidak mendapat undangan dapat mengikuti live streaming di Gereja.

Untuk Paroki Kelayan, live streaming akan dilakukan oleh tim Komsos paroki. Umat dapat mengikuti misa ini bersama-sama, dan tetap menerima komuni. Namun misa ini berbeda dengan misa mingguan, sehingga umat tetap harus kembali mengikuti misa mingguan menurut jadwal yang tersedia.

Sehari setelah pelantikan, Uskup terpilih akan memimpin misa pontifikal di Gereja Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin, pukul 08.00 WITA. Misa ini juga bisa kita ikuti secara live streaming di Gereja jika tidak bisa hadir secara langsung.

Diharapkan seluruh umat Paroki Kelayan berpartisipasi dalam rangkaian acara ini, baik secara langsung maupun live streaming di gereja kita.