Jadwal Misa Selama Pekan Suci 2022

Komsos Paroki8 bulan ago384 min

Rangkaian penting menuju Paskah sudah dimulai. Kita hampir tiba di penghujung masa pantang dan puasa selama 40 hari. Kita akan bertemu dengan Paskah, momen saat Yesus mengalahkan kematian dengan bangkit setelah 3 hari di alam orang mati. Berikut jadwal misa selama berlangsungnya Pekan Suci 2022.

Gereja Santa Maria Yang Terkandung Tanpa Noda – Paroki Kelayan turut merayakan rangkaian pekan suci ini. Dimulai dari Kamis Putih yang merupakan momen perjamuan terakhir, Jumat Agung untuk mengenang wafatnya Yesus di salib, sampai puncaknya adalah perayaan Paskah. Ketiganya juga disiarkan secara live melalui kanal Youtube immaculataTV.

Sehubungan dengan kondisi pandemi COVID-19, Paroki Kelayan turut menghimbau umat yang hadir untuk mematuhi protokol kesehatan. Setiap umat yang hadir wajib menggunakan masker, dan akan dilakukan pengecekan suhu. Selain itu, dihimbau untuk umat yang berusia di bawah 10 tahun atau di atas 65 tahun untuk mengikuti misa melalui siaran di kanal Youtube saja.

Misa Kamis Putih dimulai dengan perarakan dari pintu depan gereja pukul 19.00 WITA. Terdapat prosesi pembasuhan kaki rasul seperti momen yang tercatat di Alkitab saat perjamuan terakhir. Setelah misa ada tuguran yang dilakukan bergiliran per wilayah. Untuk umat yang tidak dapat hadir langsung di gereja dapat mengikuti misa via live streaming.

Sedangkan untuk hari Jumat, pada pagi hari akan ada Jalan Salib terakhir mulai pukul 08.00 WIB, namun tidak disiarkan secara live streaming. Di sore hari Paroki Kelayan akan melangsungkan Peringatan Jumat Agung yang dimulai pukul 15.00 WIB. Live streaming di channel immaculataTV akan kembali dilakukan pada misa sore hari ini.

Di hari Sabtu, misa Vigili Paskah kembali diadakan pukul 19.00 WITA. Ini bukanlah perayaan Paskah karena Yesus masih di dalam makam. Sesuai namanya, vigili berarti berjaga-gaja, sehingga di malam ini kita diajak untuk menantikan peralihan Yesus dari alam orang mati.

Puncak perayaan Paskah dirayakan pada hari Minggu sebanyak 3 kali. Misa untuk umum dirayakan pada pukul 08.00 WITA dan 18.00 WITA. Sedangkan misa khusus lansia diadakan pukul 10.30 WITA. Live streaming hanya dilakukan untuk misa untuk umum di pagi hari.

Demikian jadwal kegiatan di Pekan Suci tahun 2022 ini. Tuhan Yesus memberkati, Bunda Maria mendoakan.

Komsos Paroki