Minggu Palma, Pembukaan Rangkaian Perayaan Pekan Suci

Komsos Paroki8 bulan ago382 min

Minggu Palma bukan sekedar perayaan ekaristi dengan ornamen daun palma. Momen yang melibatkan daun palma ini tertulis di Injil Markus (Mrk 11:1-11), Injil Matius (Mat 21:1-11), Injil Lukas (Luk 19:28-44), dan Injil Yohanes (Yoh 12:12-19). Makna spesial apa yang membuat momen ini disebut sebagai pembuka Pekan Suci?

Kisah berawal dari perjalanan Yesus masuk ke dalam kota Yerusalem. Saat masyarakat kota itu mengetahuinya, mereka menyambut Yesus dengan melambaikan daun palma (Yoh 12:12-13). Daun ini merupakan simbol kemenangan martir atas kematian. Sambutan itu dilakukan karena mereka telah mendengar kisah kebangkitan Lazarus sebelumnya.

Menurut buku “Signs & Symbols of Christian Art” karya George Ferguson, daun palma juga melambangkan peralihan dari musim salju ke musim semi. Ini bisa dianggap simbol dari peralihan dari dunia orang mati ke dunia orang hidup. Suatu peristiwa penting yang diperingati pada hari Paskah, yaitu kebangkitan Yesus setelah disalibkan.

Minggu Palma menjadi pembukaan dari rangkaian peristiwa Paskah. Dalam perayaannya umat melambaikan daun palma untuk menyambut iringan Pastor. Inilah awal dari Pekan Duka Cita dalam kalender Gereja Katolik. Diharapkan umat juga dapat menghayati setiap bagian dalam rangkaian ini.

Selamat merayakan Minggu Palma, Tuhan Yesus memberkati, Bunda Maria mendoakan.

Komsos Paroki